Langsung ke konten utama

PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK DOMPET DIGITAL

 

PENGARUH IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK DOMPET DIGITAL

Mahdy Mubasyir

2IA16 | Teknik Informatika

Universitas Gunadarma

    Di masa ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, hal ini berpengaruh ke bidang industry yang terjadi persaingan untuk menguasai pasar. Sebuah perusahaan tentu ingin produk yang dibuatnya dipakai oleh masyarakat luas untuk mendapat keuntungan dan juga menjadi penguasa pasar di bidang industri. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar produk yang dibuat bisa dikenal oleh masyarakat luas adalah dengan melakukan promosi. Promosi yang tepat dilakukan pada masa sekarang ini adalah promosi menggunakan iklan, baik itu di televisi maupun sosial media seperti Instagram, youtube dan sebagainya. Banyak orang yang sudah memiliki smartphone yang dapat dibawa dengan mudah kemana pun orang itu pergi, serta tingkat pengguna sosial media terus meningkat, hal ini menjadi peluang sebagai media promosi iklan. Dengan adanya iklan ini diharapkan konsumen dapat mengenali produk yang diiklankan dan juga memiliki ketertarikan terhadap produk tersebut sehingga menjadikan produk tersebut sebagai penunjang aktivitasnya. Di era sekarang ini bisa disebut dengan serba online karena sudah mulai banyak melakukan aktivitas nya dengan smartphone atau bisa disebut juga daring, misalnya untuk belanja, di masa sekarng ini sudah tersedia e-commerce yang menjadi tempat untuk jual beli barang secara online, dan juga untuk pembayarannya sekarang sudah ada dompet digital atau sering disebut dengan e-wallet, contoh e-wallet misalnya adalah ovo, dana, gopay, dan sebagainya, dengan adanya dompet digital dapat memudahkan seseorang untuk menyimpan uangnya tanpa perlu khawatir uangnya akan robek atau sebagainya serta memudahkan seseorang untuk melakukan  transaksi.       

    Iklan merupakan bentuk promosi berupa barang dan jasa kepada masyarakat melalui media-media iklan dengan tujuan memperkenalkan produk yang dimilikinya. Iklan dapat juga diartikan dengan bentuk penyampaian ide atau pikiran melalui barang atas jasa yang dibayar oleh promotor yang teridentifikasi Fandy Tjiptono. Program periklanan dapat dikatakan tepat apabila ditunjang dengan efektifitas iklan yang baik Sukmana et al., (2018). Tanpa adanya iklan, dapat dipastikan para calon konsumen tidak mengetahui informasi suatu produk. Iklan yang efektif didalamnya terdapat faktor kreativitas iklan yang baik, memiliki kualitas iklan yang baik, dan frekuensi penayangan iklan yang tepat dalam penayangannya Sukmana et al., (2018)

            Kesadaran merek ialah kesanggupan konsumen mengenali suatu merek dalam kondisi yang berbeda. Kesadaran merek dapat menggambarkan kemampuan konsumen terhadap suatu merek secara yang mana merek tersebut adalah bagian dari suatu golongan produk tertentu. Maka dengan itu kesadaran merek menjadi asset yang berharga dalam suatu produk.

            Dompet Digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan utnuk membayar transaksi secara online. Tanpa kartu dan tanpa uang tunai, pengguna tinggal membawa smartphone mereka. Selain menawarkan kemudahan, dompet digital juga dinilai lebih aman karena dilindungi kata sandi yang hanya bisa diakses oleh pengguna saja. Beberapa aplikasi dompet digital yang popular di Indonesia:

  • Go-pay, Go-Pay bisa digunakan untuk membayar layanan lain yang ada dalam aplikasi Go-jek. Dalam inovasi terbarunya, Go-Jek bekerja sama dengan banyak merchant sehingga pengguna dapat melakukan pembayaran untuk transaksi di luar aplikasi.
  • OVO, adalah salah satu layanan dompet digital yang paling banyak digunakan. Kini OVO telah diterima sebagai metode pembyaran di lebih dari 70 persen merchant di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia.
  • DANA, sebagai aplikasi pembayaran non-tunai, DANA menyediakan banyak layanan pada pengguna. DANA juga menyediakan fitur transfer saldo antar pengguna,
  • LinkAja, fitur yang ditawarkan oleh LinkAja sebebarnya tidak jauh berbeda dengan Go-pay dan OVO, Pengguna dapat melakukan transaksi seperti mambayar tagihan listrik, internet, air, dan masih banyak lagi.  

        Dengan adanya iklan yang tayang di media sosial bisa memengaruhi konsumen untuk menggunakan produk dompet tersebut, pertama dari kefektifan dari iklan tersebut serta iklan tesebut dapat memberi gambar keada konsumen tentang fitur yang bisa memudahkan konsumen ketika menggunakan produk tersebut. Jadi terdapat korelasi atau hubungan antara iklan dengan kesadaran merek dompet digital pada konsumen, dengan adanya iklan konsumen menjadi tau produk tersebut serta menarik konsumen untuk bisa menggunakan produk tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.


REFERENSI

-        http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM/article/view/12396/8209

-        https://www.simulasikredit.com/apa-itu-dompet-digital-definisi-dompet-digital/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma DDA, Bresenham, dan Midpoint

Algoritma Digital Differential Analyzer (DDA)                Algoritma  Digital  Differential  Analyzer  (DDA)  adalah  algoritma  pembentukan  garis  berdasarkan  perhitungan  dx maupun  dy  dengan menggunakan  rumus  dy  = m.dx.  Garis  dibuat  dengan  menentukan  dua  endpoint  yaitu  titik  awal  dan  titik  akhir.  Setiap  koordinat titik yang membentuk garis diperoleh dari perhitungan kemudian dikonversikan  menjadi nilai integer. Pertama, dalam pembentukan garis tentukan dua titik yang akan dihubungkan terlebih dahulu. Kemudian, tentukan titik awal dan titik akhir. Hitung hasil perhitungan dari dx = x2 - x1 dan dy = y2 - y1. Tentukan step, dengan syarat : Jika dx > dy maka step = dx Sebaliknya, jika dx < dy, maka step = dy Hitung penambahan koordinat pixel dengan permasaan meng...

Sejarah, Jenis, Kelebihan, & Kekurangan Televisi

          Televisi merupakan salah satu media diantara banyaknya media yang bisa menyebarkan informasi, baik itu yang ada di dalam negri maupun di luar negeri, bukan hanya untuk menayangkan berita televisi juga menayangkan berbagai film seperti film komedi, film horor, film action, dan film-film yang lainnya. Di era yang perkembangan teknologi yang sangat cepat ini televisi juga semakin bertambah canggih dengan ditambahakannya fitur-fitur serta kualitas dari gambarnya juga semakin bagus, kecanggihan yang ada di televisi pada saat ini tidak terlepas dari sejarah awal ditemukannya televisi, tentang bagaimana televisi ini dibuat sehingga dapat menampilkan gambar yang bergerak,   ·           1862 , pada tahun ini orang yang bernama Abbe Giovanna Caselli membuat alat yang bernama pantelegraph yang dapat mengirimkan gambar diam melalui kabel. ·           1876 , di tahun...

Kemajuan Musik Digital dan Pengaruhnya pada Generasi Mudah Saat ini

     Mengutip dari Wikipedia musik merupakan kesenian dalam menyusun suaru atau nada sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Mendengarkan musik merupakan aktivitas yang hampir semua orang pernah melakukannya bahkan ada yang menjadi aktivitas rutin dalam sehari-hari. Musik memiliki banyak genre yang banyak disukai orang diantaranya raggae, hip hop, pop, rock, dan masih banyak yg lainnya. Di masa sekarang sangat mudah jika ingin mendengarkan, bisa melalui radio, dan bisa mendengarkan melalui smartphone yang dapat diputar dimana saja dan kapan saja bisa ketika sedang balajar, atau bekerja, atau saat sedang waktu santai. Sudah ada ribuan bahkan jutaan lagu  di dunia ini yang sudah diputar dan musik juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Di saat ini teknologi sudah sangat berkembang, hampir di segala bidang sudah menggunakan teknologi dan industri musik saat ini sudah banyak menggunakan teknologi.     Teknologi memiliki ...