PENGARUH
IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK DOMPET DIGITAL
Mahdy
Mubasyir
2IA16
| Teknik Informatika
Universitas
Gunadarma
Di masa ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, hal ini berpengaruh ke bidang industry yang terjadi persaingan untuk menguasai pasar. Sebuah perusahaan tentu ingin produk yang dibuatnya dipakai oleh masyarakat luas untuk mendapat keuntungan dan juga menjadi penguasa pasar di bidang industri. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar produk yang dibuat bisa dikenal oleh masyarakat luas adalah dengan melakukan promosi. Promosi yang tepat dilakukan pada masa sekarang ini adalah promosi menggunakan iklan, baik itu di televisi maupun sosial media seperti Instagram, youtube dan sebagainya. Banyak orang yang sudah memiliki smartphone yang dapat dibawa dengan mudah kemana pun orang itu pergi, serta tingkat pengguna sosial media terus meningkat, hal ini menjadi peluang sebagai media promosi iklan. Dengan adanya iklan ini diharapkan konsumen dapat mengenali produk yang diiklankan dan juga memiliki ketertarikan terhadap produk tersebut sehingga menjadikan produk tersebut sebagai penunjang aktivitasnya. Di era sekarang ini bisa disebut dengan serba online karena sudah mulai banyak melakukan aktivitas nya dengan smartphone atau bisa disebut juga daring, misalnya untuk belanja, di masa sekarng ini sudah tersedia e-commerce yang menjadi tempat untuk jual beli barang secara online, dan juga untuk pembayarannya sekarang sudah ada dompet digital atau sering disebut dengan e-wallet, contoh e-wallet misalnya adalah ovo, dana, gopay, dan sebagainya, dengan adanya dompet digital dapat memudahkan seseorang untuk menyimpan uangnya tanpa perlu khawatir uangnya akan robek atau sebagainya serta memudahkan seseorang untuk melakukan transaksi.
Iklan merupakan bentuk promosi berupa barang dan jasa kepada masyarakat melalui media-media iklan dengan tujuan memperkenalkan produk yang dimilikinya. Iklan dapat juga diartikan dengan bentuk penyampaian ide atau pikiran melalui barang atas jasa yang dibayar oleh promotor yang teridentifikasi Fandy Tjiptono. Program periklanan dapat dikatakan tepat apabila ditunjang dengan efektifitas iklan yang baik Sukmana et al., (2018). Tanpa adanya iklan, dapat dipastikan para calon konsumen tidak mengetahui informasi suatu produk. Iklan yang efektif didalamnya terdapat faktor kreativitas iklan yang baik, memiliki kualitas iklan yang baik, dan frekuensi penayangan iklan yang tepat dalam penayangannya Sukmana et al., (2018)
Kesadaran merek ialah kesanggupan konsumen mengenali suatu merek dalam kondisi yang berbeda. Kesadaran merek dapat menggambarkan kemampuan konsumen terhadap suatu merek secara yang mana merek tersebut adalah bagian dari suatu golongan produk tertentu. Maka dengan itu kesadaran merek menjadi asset yang berharga dalam suatu produk.
Dompet Digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan utnuk membayar transaksi secara online. Tanpa kartu dan tanpa uang tunai, pengguna tinggal membawa smartphone mereka. Selain menawarkan kemudahan, dompet digital juga dinilai lebih aman karena dilindungi kata sandi yang hanya bisa diakses oleh pengguna saja. Beberapa aplikasi dompet digital yang popular di Indonesia:
- Go-pay, Go-Pay bisa digunakan untuk membayar layanan lain yang ada dalam aplikasi Go-jek. Dalam inovasi terbarunya, Go-Jek bekerja sama dengan banyak merchant sehingga pengguna dapat melakukan pembayaran untuk transaksi di luar aplikasi.
- OVO, adalah salah satu layanan dompet digital yang paling banyak digunakan. Kini OVO telah diterima sebagai metode pembyaran di lebih dari 70 persen merchant di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia.
- DANA, sebagai aplikasi pembayaran non-tunai, DANA menyediakan banyak layanan pada pengguna. DANA juga menyediakan fitur transfer saldo antar pengguna,
- LinkAja, fitur yang ditawarkan oleh LinkAja sebebarnya tidak jauh berbeda dengan Go-pay dan OVO, Pengguna dapat melakukan transaksi seperti mambayar tagihan listrik, internet, air, dan masih banyak lagi.
Dengan adanya iklan yang tayang di media sosial bisa memengaruhi konsumen untuk menggunakan produk dompet tersebut, pertama dari kefektifan dari iklan tersebut serta iklan tesebut dapat memberi gambar keada konsumen tentang fitur yang bisa memudahkan konsumen ketika menggunakan produk tersebut. Jadi terdapat korelasi atau hubungan antara iklan dengan kesadaran merek dompet digital pada konsumen, dengan adanya iklan konsumen menjadi tau produk tersebut serta menarik konsumen untuk bisa menggunakan produk tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.
REFERENSI
-
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/FRKM/article/view/12396/8209
-
https://www.simulasikredit.com/apa-itu-dompet-digital-definisi-dompet-digital/
Komentar
Posting Komentar