Langsung ke konten utama

Web Content dan Keberagaman Budaya





Identitas Jurnal

Judul Jurnal            :

Pengelolaan Konten Website Kebudayaan Kabupaten Banyumas

Penerbit            :

Jurnal Sociaperti

Volume            :

1

Nomor             :

2

Tahun              :

2021

Penulis             :

Dian Fikri Risqiana Dewi dan Hari Widi Utomo

Instansi            :

Institut Teknologi Telkom Purwokerto

 

Latar Belakang

Teknologi informasi dan penggunaan internet telah berkembang pesat dan berdampak pada berbagai sektor kehidupan, mulai dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun sector pariwisata dan kebudayaan. Kemajuan teknologi informasi dan hadirnya internet memberikan banyak manfaat seperti memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi secara cepat, efektif dan efisien. Salah satu media informasi dan berkomunikasi melalui internet adalah website. Website merupakan media informasi yang dapat dikunjungi orang lain karena memiliki halaman menarik yang dapat menampilkan teks, suara, gambar maupun animasi. Kelebihan menyebarkan informasi melalui website adalah dapat diakses dengan mudah melalui smartphone maupun perangkat komputer lainnya sehingga lebih efektif dan efisien serta memiliki jangkauan luas karena dapat diakses semua kalangan.

Berbagai perusahaan dan intansi pemerintahan telah menerapkan teknologi informasi berbasis website salah satunya adalah DINPORABUDPAR Kabupaten Banyumas bidang kebudayaan. Bidang kebudayaan telah memanfaatkan website untuk memberikan informasi terkait kebudayaan Banyumas. Kabupaten Banyumas sendiri memiliki kebudayaan yang sangat beragam mulai dari adat tradisi, sejarah, purbakala, museum, kesenian dan acara-acara kebudayaan yang setiap tahun diselenggarakan untuk menjaga kelestariannya. Alasan dibangunnya website kebudayaan ini karena kurangnya informasi mengenai kebudayaan Banyumas sehingga minat masyarakat untuk mengenal kebudayaan Banyumas kurang. Oleh karena itu, webiste menjadi solusi media yang menarik minat masyarakat luas agar semakin paham potensi budaya yang ada di kabupaten Banyumas serta dapat mengedukasi masyarakat akan keragaman kebudayaan Banyumas sehingga tidak luntur dan meningkatkan kepedulian masyarakat terutama untuk generasi muda terhadap kebudayaan Banyumas.

Dengan adanya website kebudayaan tersebut tidak lepas dari adanya konten. Konten merupakan unsur penting dalam menyampaikan informasi dan komunkasi yang akan diterima oleh masyarakat dan dapat dipersepsikan dalam berbagai makna. Konten adalah informasi dalam berbagai format yang disampaikan melalaui media baik berupa tulisan, gambar, suara maupun video. Konten harus dibuat menarik dan berkualitas sehingga banyak menarik perhatian masyarakat untuk mengunjungi website tersebut.

Dasar Teori

Menurut Sutrisno dan Putranto kebudayaan adalah semua kegiatan spiritual, intelektual, estetik,artistik, kepercayaan, cara dan kebiasaaan hidup baik yang dilakukan oleh individu maupun kelompok masyarakat tertentu. Kebudayaan mempunyai perspektif yang luas namun, juga memiliki keterbatasan yaitu tidak semua bersifat umum yang artinya nilai budaya dapat dianggap baik oleh suatu kelompok namun, menurut kelompok lain nilai budaya tersebut bisa saja dianggap tidak baik.

Website merupakan layanan informasi yang berupa teks, gambar, animasi, video maupun suara yang memudahkan pengguna komputer dalam pencarian informasi melalui internet dengan memakai konsep tautan.

Konten merupakan segala sesuatu yang dapat diolah menjadi informasi digital baik berupa teks, video, dokumen, suara, grafis mupun laporan-laporan dalam format elektronik. konten dapat dinikmati melalui platform digital seperti media sosial maupun website.

Sumber Data

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Metode observasi dilakukan dengan cara menganalisis secara langsung keadaan dan suasana yang terjadi dilapangan dan menggali informasi dari bidang kebudayaan. Metode wawancara dilakukan dengan cara tanya jawab kepada karyawan DINPORAPUDPAR Kabupaten Banyumas bidang kebudayaan maupun bidang lain mengenai materi yang diambil. Metode studi pustaka dilakukan dengan cara mencari dan mengumpulkan sumber referensi seperti jurnal maupun materi yang diperoleh dari bidang kebudayaan yang berhubungan dengan penelitian ini.

Hasil dan Pembahasan

Dalam penginputan konten ke dalam website, informasi yang dimasukkan bersumber dari buku, website resmi dari DINPORABUDPAR Kabupaten Banyumas maupun data-data yang diperoleh dari Sub Bidang Kebudayaan seperti inventaris museum dan SK penetapan cagar budaya. Alur dari proses penginputan konten yaitu pertama staff mengakses halaman login, setelah itu masuk ke halaman dashboard dan tampil menu-menu untuk input konten,

 

Halaman login


Halaman Dashboard


Halaman penginputan konten


Konten Menu Acara

Dengan disajikannya infromasi dari sumber yang terpercaya masyarakat tidak perlu khawatir akan kebenaran dan keaslian dari informasi yang disajikan. Dengan adanya konten-konten yang disajikan dalam website Banyumas Culture maka akan lebih mudah dijangkau informasinya oleh masyarakat luas dan meningkatkan pengetahuan dan keinginan masyarakat untuk mengenal lebih dalam lagi mengenai kebudayaan asli Banyumas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma DDA, Bresenham, dan Midpoint

Algoritma Digital Differential Analyzer (DDA)                Algoritma  Digital  Differential  Analyzer  (DDA)  adalah  algoritma  pembentukan  garis  berdasarkan  perhitungan  dx maupun  dy  dengan menggunakan  rumus  dy  = m.dx.  Garis  dibuat  dengan  menentukan  dua  endpoint  yaitu  titik  awal  dan  titik  akhir.  Setiap  koordinat titik yang membentuk garis diperoleh dari perhitungan kemudian dikonversikan  menjadi nilai integer. Pertama, dalam pembentukan garis tentukan dua titik yang akan dihubungkan terlebih dahulu. Kemudian, tentukan titik awal dan titik akhir. Hitung hasil perhitungan dari dx = x2 - x1 dan dy = y2 - y1. Tentukan step, dengan syarat : Jika dx > dy maka step = dx Sebaliknya, jika dx < dy, maka step = dy Hitung penambahan koordinat pixel dengan permasaan meng...

UGCTAG - Kelompok 7 - 2IA16

  PENGANTAR WEB SCIENCE TUGAS BEDAH JURNAL   KELOMPOK 7 : ·        M. FATHIR ARYA NAFIS        (50420692) ·        MAHDY MUBASYIR                 (50420697) ·        MAY LINDA TRI ALFIANTI    (50420709)   Tanggal : 22 Maret 2022   2IA16 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS GUNADARMA 2022 Identitas Jurnal 1 Judul Jurnal             : Motif dan Kepuasan Penggunaan Website Informasi Berbasis User Generated Content (UGC) Pada Website ZOMATO.COM Penerbit             : Peformance Volume           ...